Minggu, 10 Mei 2015

Kesan Pertama Putri

Nama saya  Putri Lestari. Kalangan kampus memanggil saya Putri tapi kalau dirumah saya dipanggil Putroe. eehhmm akibat berdarah aceh asli makanya dipanggil seperti itu. . Saya lahir di Kota Banda Aceh, 12 September 1992. Saya baru saja menjadi Alumni disalah satu perguruan tinggi kebanggaan orang Aceh. ehm sering disebut tu Jantong Hatee ureung aceh. Apalagi kalau bukan Universitas Syiah Kuala jeng jreng jeng.. Disana saya menuntut ilmu di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan pendidikan matematika. Secara langsung ya sekarang saya adalah seorang pendidik muda.

Berbicara tentang pendidik dan pendidikan. Ya baru-baru ini saya mengenal salah satu organisasi yang bergerak dibidang itu. TURUN TANGAN  atau biasa disingkat dengan TuTa. TuTa berisikan anak-anak muda aceh yang penuh dengan semangat juang yang membuat saya ikut tergerak bertindak secara nyata untuk suatu perubahan. Walaupun saya baru bergabung tetapi banyak hal bisa saya pelajari disini. Dimulai saat kegiatan pertama saya diTuTa “Travelling dan berbagi” bertepatan dengan hari Pendidikan,bersama anak-anak desa Cot Jeumpa, Suatu desa yang berada di pelosok kaki gunung kulu, Lhoong, aceh besar. Malam pertama di Cot Jeumpa,HHHUUJJJJAAANN Guedek binnggoo..paginya lapangan SD Negeri 1 Cot Jeumpa banjir ccuuyy. Padahal ada jadwal upacara bendera sang saka merah putih dalam rangka hari pendidikan pagi itu..Tapi tekad kuat dari para relawan Turun Tangan Aceh untuk tetap melanjutkan agenda sesuai jadwal tak tenggelam dibanjir tu..Hal apakah yang dilakukan para relawan TuTa??????? Penasaran kan?? Kepo kan??? Hahahahha...
Dengan bermodalkan cangkul hasil peminjaman masyarakat setempat, Pot bunga gak terpakai,dan ember..Relawan TuTa bergotong royong MENGURAS air yang tergenang dilapangan sampai HABIS..Amazing gak tu????Hebat kan???? Saya aja terharu liatnya..Emanglah Relawan Turun Tangan Aceh tu..GAK ADA LAWAN CCUUYYYY...
Dan pada akhirnya sang saka merah putih dapat berkibar di Cot Jeumpa, desa terpelosok di gunung kulu ini.
Prok..prok..prok..HOOOORRREEE..

Ini pertama kalinya saya bersosialisasi, berbagi bersama anak-anak di SD Negeri 1 Cot Jeumpa. pada saat itu saya diberikan tanggung jawab  kelas kreatifitas di kelas satu. Awalnya Ayem-ayem sedap saya membayangkannya, hal yg menghantui saya saat itu adalah “saya tidak bisa, saya tidak mampu,saya tak sehebat teman-teman yang lain,yang notabennya tentor privat2 handal”. Kata-kata itu selalu ada dalam pikiran saya. Tapi itu hilang dalam sekejap saat teman-teman dari TuTa menyemangati saya,membuka pikiran saya untuk slalu optimis. Kalau bukan putri yang merubahnya,siapa lagi??. Ya saya maju. Awalnya terasa aneh, ketika melihat sorot mata-mata mungil, bersih,suci dan penuh arti dari anak-anak generasi penerus bangsa ini membuat saya  dapat mengaluri semuanya..alhamdulillah..terima kasih teman-teman TuTa aceh. Terima kasih atas semangatnya Saya tak kan melupakan kata-kata itu.

Eeettttt jangan bosen dulu ya bacanya....hahahahhahhahaaTuta itu tidak hanya berbagi llhhooooo...itu baru hari pertama..yuk kita menuju hari kedua..
Travelliiiiiiinnngggggg...ya ini tak kalah menyenangkan dari kegiatan berbagi..Jantang adalah tujuan TuTa kali ini. Tempat wisata yang tak terjamah oleh manusia. Sangat alami. 3 kilometer dari desa Cot Jeumpa. Pemandangannya itu wwwweeeeeee..cantik binggo..tak hanya menikmati pemandangannya. Hari kedua ini saya belajar yang namanya kekompakan dan kebersamaan. Tak terelakkan juga kadang waktu dan tempat menampung sekaligus membuka ide-ide baru dari teman-teman untuk TuTa kedepannya. Anak-anak muda TuTa itu kritis,kreatif dan inovatif llhhooo dalam berfikir. Mereka bisa memberikan ide diluar dugaan saya yang tidak ada apa-apanya ini. Butiran debu gitu lah...
Eeeetttt kok mulai pesimis sih nih...GAK BOLEH!!!!!! Inget kata-kata tadi!!!!
saya juga bisa memberikan ide yang amazing. Bahkan harus jauh diluar dugaan mereka.
Eehm..eehhmm..tes..tes..tes..ok saudara-saudara setanah air,seperjuangan..KEMBALI KE LAPTOP!
Ada hal yang membuat saya bertambah kagum dengan TuTa adalah disini lebih banyak anak-anak muda yang kuliahnya tu diluar bidang ilmu pendidik ya kayak guru gitu lah..ttaappiii mereka sangat kreatif untuk mengajar didepan dibandingkan ya kayak saya yang udah dari sononya tu pendidik... Amazing!! Salut untuk teman-teman TuTa.
Banyak kesan yang dapat saya ambil dari TuTa...padahal baru satu kegiatan tu...gimana kalau 5 kegiatan, 10, 13,17,20, 100 dan seterusnya ya..penuh blog TuTa dengan kesan para anak-anak muda ini..hahahaha..
OK sekian dulu,,sampai ketemu di kegiatan Turun Tangan Aceh berikutnya yyyaaaaa...
PEJUANG BUKAN?????????
HADAPI!!!!!!!!
Salam hangat untuk Turun tangan Aceh


0 komentar:

Posting Komentar